Hal Penting Setelah Ganti Knalpot Racing CB150R (Free Flow)
Bermacam-macam alasan orang untuk mengganti knalpot standar motor mereka dengan knalpot racing. Diantaranya ada yang bertujuan memang untuk racing (balapan), karena cinta percepatan (harian), supaya kelihatan garang, atau hanya untuk keperluan geber-geberan (Jawa: bleyer-bleyeran). Apapun alasannya tetap ada hal penting yang perlu kita perhatikan saat atau setelah mengganti knalpot standar dengan knalpot racing. Kalau menurut pendapat mekanik motor karburator, ganti knalpot racing harus diimbangi dengan suplai bahan bakar (bensin) yang lebih banyak pula untuk mengurangi resiko kekeringan di ruang pembakaran. Maka yang dimaksud dengan memperbesar suplai yaitu dengan mengganti spuyer yang lebih besar sehingga jalannya bensin lebih lancar dan banyak volumenya.
Lalu bagaimana dengan injeksi? Adakah spuyernya? Di injeksi jumlah suplai bensin di kendalikan oleh ECU (Electronic Controller Unit). Sampai saat ini yang hanya dapat mengubah pengaturan ECU hanya bengkel resmi honda. Oleh sebab itulah sering kita dengar PGM FI Honda Canggih. Makna canggih tersebut salah satunya adalah karena sistemnya yang sulit bahkan mungkin belum bisa dijebol. Arti kata dijebol disini adalah bisa ditiru alat pengontrolnya.
Intinya ganti knalpot maka suplai bensin harus mengimbangi. Cara pertama bisa kita bisikan kepada mekanik bengkel resmi untuk setting suplai sesuai knalpot racing yang baru kita pasang. Kalau mereka menolak itu wajar, karena ada aturannya di bengkel resmi. Namun apa boleh buat, yang bisa setting cuma mereka, jadi mau gak mau kita kasih plus-plus supaya mereka mau. Tentunya kalau sudah ganti knalpot racing anda akan kehilangan garansi resmi honda, sesuai perjanjian garansi di pedoman penggunaan CB150R.
Cara kedua kita bisa ganti ECU yang lebih sering disebut dengan Piggy Back. Mengganti piggy back racing. sebenarnya piggy back racing bukan penentu pendongkrak performa, tapi hanya membantu memudahkan pengaturan pembakaran untuk keperluan balapan. Perbedaan yang paling fungsional dari piggy back non original honda ini adalah memungkinkan kita untuk mengatur sistem pembakaran yang meliputi pengapian, udara, suplai bensin, dan pengaturan batas RPM (Rotation Per Minute) melalui perangkat komputer, laptop, atau tablet. Sehingga memberi kita keleluasaan untuk mengatur sistem pengapian tersebut. Tentunya tingkat kemudahannya pengaturan (setting) itu tergantung oleh fitur yang ditawarkan oleh masing-masing jenis piggy back. dan jika kita kurang pandai dalam pengaturannya bisa-bisa fungsi piggy back yang harganya jutaan tersebut bisa sama atau bahkan lebih buruk ketimbang piggy back originalnya. Jadi berhati-hatilah dalam mencoba mengaturnya, atau belajarlah kepada yang lebih ahli, dan kalau ingin lebih gampangnya, pasrahkan saja pada bengkel yang berkecimpung di dunia setting piggy back.
Nah, demikian sharing informasi dari saya. Semoga bermanfaat.
0 komentar :
Post a Comment