Lampu Variasi Buatan Sendiri




Modifikasi yang paling murah dan aman salah satunya adalah modifikasi lampu. Nah, kali ini akan saya bagikan cara dan tahap-tahap pembuatannya. 
Alat dan bahan sebagai berikut:
- Fleksibel Led
Info klik Beli
- Glue Gun

- Korek Api

- Gunting

- Cutter
- Isolasi Listrik
- Kabel Ties
- Solder
- Timah

Tahap - tahap pembuatan:
1. Buat rencana akan ditempel dimanakah lampu variasimu? Kemudian ukurlah panjang yang diperlukan. Potong gulungan Fleksible Led tepat pada batas potongan
2. Kupas pada bagian kuningan tempat menempelnya kabel (wire), lalu solderlah kabel pada kutub Led dengan timah.
3. Setelah disolder periksa dahulu hasil solder dengan mencobanya dengan baterai 6 volt - 12 volt atau bisa dengan adpator dc atau bisa juga dengan charger hape. jika led belum hidup maka perbaikilah hasil solder.
4. Setelah sambungan selesai tutupi hasil solderan dengan glue gun, saya pilih glue gun karena murah, cepat, kuat, tahan air, dan tahan getaran. Jika anda berencana akan meletakkan di tempat yang bersuhu lebih dari 60 derajat celsius, maka saya sarankan untuk menggunakan lem high temperature atau lem silicone anti panas.
5. Tempelkan Led yang telah tersambung dengan wire (kabel) pada bagian yang telah anda rencanakan. Berikut saya berikan contoh penempatannya:

Pelindung Panas Knalpot (Jangan Pada Knalpotnya, nanti lumer led-nya)
Kerangka teralis mesin
mode lampu malam
mode saat di rem (Stop)
Mode Malam

Mode Saat Direm (Stop)

Pilihan lain anda bisa tempelkan pada swing arm (lengan ayun) atau di bawah under cowl (cover engine) jika anda pakai under cowl.
Under Cowl Original Honda
6. Untuk sumber listrik anda bisa gunakan baterai tersendiri, gunakan aki motor, atau ambil sumber dari lampu malam. Jika anda menggunakan baterai atau aki motor, maka saya sarankan untuk menyertakan sekring pada rangkaian lampu anda untuk mencegah terjadinya kebakaran ketika korslet. Nah supaya lebih gampang dan gak ribet, lebih baik anda ikuti cara saya yaitu menggunakan sumber dari lampu malam dari belakang. Saya ambil dari lampu belakang karena lebih mudah, tinggal buka jok, ketemu dah. Bongkar head lamp CB150R gampang-gampang susah, lebih baik dari belakang kan? ambil kabel lampu belakang, kupas kulitnya, nah di situ ambil 2 (warna hijau dan coklat, hijau strip kuning tidak usah, hijau strip kuning lampu stop) dari 3 kabel yang ada. 
Kabel Lampu Belakang
Kabel Hijau dan Coklat (kabel hijau strip kuning)

Jika kita ambil dari rangkaian lampu belakang, maka jika terjadi korslet tigak perlu khawatir terbakar, karena telah diamankan oleh sekring bawaan motor.

7. Tambahkan switch jika anda tidak selalu ingin menghidupkannya


Sempat saya diingatkan oleh mekanik bengkel resmi honda,"mas kalo motor injeksi gak usah dikasih lampu variasi segala, takutnya nanti lo korslet (hubungan pendek) runyam urusannya." Tanggapan saya di hati,"halah, kolot banget sih orang ini, saya aja yang pake gak seribet itu kale." Tahukah anda bahwa CB150R dilengkapi dengan sistem kelistrikan yang cukup canggih. Di bawah jok (sadel motor) kita terdapat kotak sekring dimana isinya beberapa slot yang sudah ada keterangan (di tutup kotak sekring) sekring untuk bagian mana. Nah, justru tujuan dibuat banyak sekring seperti ini mengurangi resiko kerusakan. Jadi yang dikorbankan adalah sekring. Jadi berhati-hatilah di area sambungan kabel, anda harus jeli pada bagian ini. Jika anda rapi dalam membuat rangkaian hingga terlindung dari kemungkinan resapan air, maka sangat aman bagi motor anda meski diberi banyak lampu sekalipun.

Tutup Sekring
Isi Sekring

Fungsi Sekring:
1. Lampu Malam, Lampu Stop, Klakson, Speedometer (Display)
2. Lampu depan
3. Kipas Radiator
4. Injektor (injeksi), Pompa, Pengapian
5. Odometer (meter pemakaian), Jam
6. Seluruh kelistrikan
7. Cadangan Sekring 10 A (Merah)
8. Cadangan Sekring 30 A (Hijau) kalau habis cadangan cari di bengkel motor susah, cari di bengkel mobil baru ada, lo sekring 10 A di bengkel manapun banyak.

Nah demikianlah tutorial dari saya. Semoga dapat membantu dan memberi inspirasi. Selamat mencoba...


0 komentar :